Mari Makan Ikan !

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki pengaruh bagi melimpahnya sumber daya laut, khususnya Ikan. Namun, sangat disayangkan ternyata sumber daya laut yang melimpah itu tidak dinikmati oleh warganya sendiri. Hal ini terlihat dari jumlah konsumsi ikan pada masyarakat Indonesia yang ternyata tidak cukup tinggi.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Kesehatan

Tiga Risiko Bila Anak Kurang Gizi

Kesehatan | 0 Komentar

Sahabat Ibu, pemenuhan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sangat penting diperhatikan. Pasalnya, bila pada masa ini tak terpenuhi asupan gizinya atau terjadi malnutrisi, akan berdampak pada perkembangan anak yang bahkan bersifat permanen. 

Setidaknya ada tiga risiko yang perlu diketahui. Pertama, terjadinya penyakit tidak menular atau kronis, misalnya hipertensi, diabetes, jantung koroner, stroke, dan obesitas.

Risiko kedua berupa gangguan perkembangan otak sehingga terjadi hambatan pertumbuhan kognitif yang berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan. 

Risiko ketiga, selain terjadi masalah kecerdasan dan perkembangan kognitif, problem yang mungkin terjadi adalah gangguan pertumbuhan tinggi badan yaitu stunting (pendek atau sangat pendek). 

Stunting merupakan indikasi dari kejadian yang lebih serius, yaitu masalah kemampuan kognitif dan risiko terjadinya penyakit tidak menular.

Keadaan tersebut ternyata tidak hanya bersifat antargenerasi (dari ibu ke anak) tetapi bersifat trans-generasi (dari nenek ke cucunya). Sehingga diperkirakan dampaknya mempunyai kurun waktu 100 tahun. Artinya, risiko tersebut berasal dari masalah yang terjadi sekitar 100 tahun yang lalu dan dampaknya akan berkelanjutan pada 100 tahun berikutnya.
(hil)
Foto: freepik.com

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami