Wanita Berkarier di Bidang Sains dan Teknologi, Kenapa Tidak?

Dengan perkembangan dunia yang serba digital saat ini wanita seharusnya memiliki kesempatan berkarier lebih luas, termasuk berkecimpung di dunia sains dan teknologi. Apalagi wanita kini telah terintegrasi dengan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya, termasuk juga dalam hal pekerjaan

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Gaya Hidup

Suzy Hutomo, Executive Chairwoman The Body Shop Indonesia: Tularkan Gaya Hidup Hijau

Gaya Hidup | 0 Komentar

Sejak kecil, Suzy Hutomo sudah akrab dengan alam. Setidaknya, sepekan sekali, beliau diajak keluarganya ke kawasan puncak yang kala itu tentu masih asri dan hijau.  

Kemudian, di masa Suzy menuntu ilmu dibangku kuliah, tak jarang para mahasiwa melakukan aksi yang terkait dengan isu lingkungan. Suzy pun turut mengambil bagian dalam aksi tersebut. Bahkan, ia ikut dalam organisasi Greenpeace, terlibat dalam kampanye WWF dan sebagainya. Pada periode waktu selanjutnya, ibu dari tiga anak ini pun terlibat kampanye lingkungan bersama AL Gore. 

Menjadi sosok pecinta lingkungan membuat Suzy selalu berusaha menebar semangat untuk mengadopsi gaya hidup yang ramah lingkungan, sehat dan natural. Ya, sejak lama ia ingin menyebarkan gaya hidup hijau kepada orang lain dalam berbagai aspek, termasuk dalam hal kecantikan. Tak heran bila kemudian ia membawa kosmetik The Body Shop yang terkenal ramah lingkungan masuk ke Indonesia pada 1992. Motivasi Suzy adalah ingin mengembalikan kebiasaan wanita Indonesia untuk menggunakan bahan-bahan alami.

Dalam dunia bisnis, Suzy yakin bahwa bisnis yang selaras dengan alam adalah bisnis yang berkesinambungan dan tetap bisa menghasilkan profit. Bagi Suzy, ada tiga kata bisnis yang penting di antaranya adalah planet, people, dan profit. Artinya, dalam berbisnis tidak semata-mata mencari keuntungan. Akan tetapi, hal yang jauh lebih penting dan krusial adalah memelihara alam (planet) sebagai aset di masa depan. “Dari alam, kembali ke manusia, and we can take back fom what we have done to our planet,” kata Suzy. 

Suzy mengakui tidak mudah menyebarkan virus gaya hidup hijau pada masyarakat, termasuk di lingkungan rumah sendiri. Perlu ada proses yang dijalani dengan penuh kesabaran dan konsisten agar semua pihak berkomitmen menjaga lingkungan. Suzy merasakan, kesadaran masyarakat di Indonesia terhadap perubahan iklim belum begitu tinggi karena efeknya belum terasa bahkan dalam beberapa waktu ke depan. 

Salah satu upaya yang dilakukan Suzy agar kesadaran menjaga lingkungan tumbuh pada masyarakat, beliau sering mendatangkan sesama aktivis lingkungan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan yang baik dan benar tentang lingkungan.

Suzy begitu rajin mengampanyekan energi terbarukan karena sudah paham betul akan dampak perubahan iklim. Suzy terus berpikir untuk melakukan sesuatu yang positif, apalagi di Indonesia bahan baku energi didominasi fosil seperi minyak, batubara dan gas. Semua bahan baku tersebut kotor dan berpolusi. 

Suzy mengakui, Indonesia masih ketinggalan dalam menggunakan energi ramah lingkungan. Salah satu upaya yang Suzy lakukan untuk mengurangi dan memberi pengetahuan pada masyarakat untuk berpindah ke energi baru adalah dengan mengurangi penggunaan energi fosil.

Secara konkret, Suzy mengajarkan hal positif dimulai dari diri sendiri. Di rumahnya, Suzy menggunakan recycle water dan memasang lebih dari 60 solar panel. Kemudian, di kantor The Body Shop dipasang 220 solar panel. “Energi matahari tidak akan habis selama bumi ini masih ada. Selain itu, panel surya itu garansinya 20 tahun.” 

Menurut Suzy, hidup ramah dan peduli lingkungan tidak bisa berdiri sendiri, namun semuanya saling berkaitan. Mulai dari energi, kendaraan, sampah, pakaian, kosmetik dan lainnya sebisa mungkin semuanya hijau atau ramah lingkungan.

Nah, Indonesia masih memiliki kesempatan untuk hijau kembali. “Kita butuh one map, on dream, and one vision yaitu mewujudkan mimpi bahwa manusia dan alam bisa hidup berdampingan lagi bersimbiosis mutualisme.” 

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami