Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2017: Tampilkan Dinamika Fashion Muslim Indonesia

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia kembali diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) pada 6-9 April 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Galeri

Sosialisasi Konsumi Pangan Sehat dan Aman Melalui Poster

Galeri | 0 Komentar

Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA) dan Sahabat Ibu Indonesia bekerja sama dengan Badan POM RI turut menyosialisasikan Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GN-POPA). 

Gerakan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan obat dan pangan yang aman. Selain itu, memperluas wawasan dan mengedukasi masyarakat, agar menjadi konsumen cerdas dalam memilah dan memilih obat dan pangan.

Aktivitas dilakukan melalui perancangan poster dengan peserta mahasiswa jurusan DKV dari beberapa kota di Indonesia. Setelah melalui proses seleksi portofolio pada tahap pertama, peserta harus mengikuti sesi pelatihan dalam membuat desain poster bernama "Creative Course" yang dilakukan pada Sabtu, 26 November 2016 di kantor Sarihusada. Pelatihan ini bertujuan memberi pengetahuan pengantar bagi peserta terpilih. 

Sebagai pembuka, AIDIA yang diwakili oleh Resita Kuntjoro-Jakti menjelaskan mengenai Aidia-Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia. Kemudian dilanjutkan oleh Ibu Eveline E. Soekotjo dari Pendiri fan Pembina Sahabat Ibu Indonesia yang memberi pengantar mengenai maksud dan tujuan diadakannya Kontes Poster ini. 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Badan POM RI oleh Ibu Riati Anggriani, SH., MARS, M.Hum., Kepala Biro Hukum dan Humas Badan POM RI tentang berbagai informasi terkait pangan dan obat, yang nantinya dapat dikembangkan menjadi konten dalam membuat poster. 

Pelatihan Creative Course ini dipandu oleh Eka Sofyan Rizal praktisi DKV dan di bantu oleh beberapa instruktur yang kesemuanya merupakan anggota dari AIDIA.

Pelatihan diawali materi mengenai peran desain dalam perancangan visual. Peserta di beri wawasan melalui berbagai contoh dan kasus bagaimana desain bisa berperan sebagai problem solving dalam menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan. Proses kreatif, design thinking dan teknik eksplorasi ide menjadi beberapa topik yang disampaikan oleh pembicara. 

Diskusi dan simulasi dibagi dalam beberapa kelompok kerja. Peserta mencoba melakukan pengembangan poster dalam kelompok. Aktivitas ini  menjadi agenda yang membuat peserta bersemangat untuk berlatih langsung  bersama instruktur dan nara sumber. 

Disela-sela diskusi Ibu Octavita Dwi Yuliani, S.Ikom., M.Si dari bagian Humas Badan POM RI turut berbagi cerita tentang berbagai penelitian dan temuan lapangan terkait penggunaan obat dan pangan yang tidak aman.

Di akhir acara peserta dirinya untuk mempresentasikan materi ide, olah gagasan rancangan poster. Proses finalisasi perancangan poster dilakukan d iluar waktu setelah pelatihan. Diharapkan poster akan selesai dalam waktu dua minggu. Nantinya, poster akan diberikan kepada dewan juri untuk dilakukan penilaian dan penentuan pemenang. 

Seluruh karya akan dipublikasikan melalui pameran pada saat diselenggarakannya acara Sahabat Ibu Indonesia Expo 2016 pada 22-24 Desember 2016 di FX Sudirman Jakarta.

Selamat berkarya pada para kreator dan desainer muda. Ide dan hasil desain mereka adalah sumbangsih dalam memajukan Bangsa Indonesia!

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami