Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2017: Tampilkan Dinamika Fashion Muslim Indonesia

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia kembali diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) pada 6-9 April 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Galeri

Senam Otak Tingkatkan Konsentrasi

Galeri | 0 Komentar

 

Konsentrasi dan fokus sangat dibutuhkan dalam setiap aktivitas kita. Bila kita kurang fokus dan sulit berkonsentrasi, hasil yang dicapai pun tidak optimal. Nah, ada satu cara yang mudah dilakukan namun sarat akan manfaat. Di antaranya, dapat melipatgandakan daya konsentrasi dan kemampuan fokus seseorang. Cara tersebut adalah dengan melakukan senam otak atau brain gym.

Pada acara Sahabat Ibu Indonesia Expo 2016 yang digelar pada 22-24 Desember, diselenggarakan talkshow tentang brain gym yang dipandu oleh tim dari Forkasi (Forum Komunikasi Orangtua Anak Spesial Indonesia).
 
Menurut Hj. Tristiana Narendrowati, praktisi Brain Gym, senam otak membantu memaksimalkan potensi alami yang terpendam pada setiap orang. Dengan senam otak, potensi-potensi tersebut akan tergali. “Siapapun itu, anak-anak hingga dewasa atau orangtua, bahkan anak berkebutuhan khusus.” 

Untuk anak-anak, senam otak membantu meningkatkan prestasi belajar. Sementara, untuk anak berkebutuhan khusus di antaranya membantu menciptakan bonding antara orangtua dan anak. 

Gerakan pada senam otak perlu dilakukan secara berulang setiap hari. “Bila ingin didapat hasil yang optimal perlu dilakukan secara rutin setiap hari. Ibarat penggaris, satu hari mencapai 1 sentimeter, kalau dilakukan selama sebulan maka sudah mencapai 30 sentimeter. Lakukan senam otak tidak lama cukup beberapa menit.”  

Untuk melakukan gerakan senam otak sebaiknya kondisi tidak terlalu kenyang, sekaligus tidak terlalu lapar. Lalu, seperti apa gerakannya? Dalam brain gym ada istilah PACE (Positive, Active, Clear dan Energetic). PACE terdiri dari empat gerakan sederhana, yaitu:

1.    Minum Air 

Sediakan air putih secukupnya. Dalam posisi duduk, minum air tersebut dengan cara seperti kumur-kumur terlebih dulu. Setidaknya, minum air sebagai tiga teguk. Air dibutuhkan untuk pengantar energi listrik dalam tubuh dan otak sehingga dapat berlangsung dengan lancar. 
Minum air juga berfungsi meningkatkan konsentrasi, koordinasi tubuh dan mental serta mengurangi stres.

2.    Sakelar otak

Caranya adlah memijat dua titik atau lekukan dari tulang dada dan tangan lainnya diletakkan di area pusar. Saklar otak yang lain adalah menggosok bagian bibir bagian atas dan bawah dengan jari telunjuk dan jari tengah sambil memegang atau menggosok area pusar dan tulang ekor.

Adapun tujuan dari sakelar otak adalah untuk koordinasi dua belahan otak, melancarkan pengaliran darah ke otak, meningkatkan keseimbangan tubuh, meningkatkan fungsi penglihatan, dan sebagainya. 

3.    Gerakan Silang

Caranya, tangan atau siku kiri menyentuh lutut kanan. Sedangkan tangan kanan relaks di samping badan. Begitu sebaliknya bergantian. Adapun tujuannya untuk meningkatkan kesadaran tubuh, menghilangkan stres, daya ingat dan daya pikir meningkat, meningkatkan koordinasi tubuh, mengatur tekanan darah, melancarkan pencernaan, meningkatkan energi tubuh, meningkatkan rasa gembira, dan sebagainya. 

4.    Kait Rileks 

Caranya, posisi duduk atau berdiri, lalu silangkan kaki kiri di atas kaki kanan dan tangan kiri di atas tangan kanan dengan posisi jempol ke bawah jari-jari keda tangan saling menggenggam. Kemudian, tarik kedua tangan ke arah pusar dan terus ke depan dada. Tutup mata dan tarik napas mendalam sambil relaks. 

Tujuannya, membuat relaks, memfokuskan perhatian, keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Kegiatan senam otak ini diikuti lebih dari 40 peserta. Semua hadirin senang karena mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang  bermanfaat dari kegiatan Sahabat Ibu Indonesia Expo 2016 ini. 

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami