Mari Makan Ikan !

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki pengaruh bagi melimpahnya sumber daya laut, khususnya Ikan. Namun, sangat disayangkan ternyata sumber daya laut yang melimpah itu tidak dinikmati oleh warganya sendiri. Hal ini terlihat dari jumlah konsumsi ikan pada masyarakat Indonesia yang ternyata tidak cukup tinggi.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Kesehatan

Risiko Terlambat Buka Puasa

Kesehatan | 0 Komentar

 

 

Puasa itu menyehatkan, semua orang bahkan ilmuwan non muslim percaya dengan pendapat itu. Tapi, semua tentu ada batasannya. Puasa juga dibatasi hanya sampai matahari terbenam atau magrib.

Disarankan, jika sudah waktu buka tiba berbukalah dengan yang manis. Tujuannya agar tubuh kembali mendapatkan asupan yang dibutuhkan. Lalu, bagaimana jika sering terlambat berbuka? Adakah dampak kesehatan yang akan dialami?

Risiko hipoglikemia

Dikutip dari situs myreligionislam.com, terlambat berbuka puasa dapat menyebabkan tubuh kekurangan kadar gula yang dapat mengganggu fungsi vital otak. Ditandai dengan gejala pusing, lemah, kelelahan, konsentrasi yang buruk, berkeringat, merasa gemetar, ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas fisik, sakit kepala, dan jantung berdebar.

Nyeri lambung

Risiko kedua, dikutip dari islamqa.info, terlambat berbuka puasa berpotensi meningkatkan kontak asam lambung dengan dinding perut akibat dari kondisi perut kosong yang cukup lama.

Dehidrasi

Dampak kesehatan lainnya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Di tingkat rendah, dehidrasi tidak berbahaya. Tapi jika sudah kelewat parah, dehidrasi dapat menyebabkan gangguan fokus dan orientasi serta kegagalan fungsi organ.

Sumber: liputan6.com
Foto: freepik.com

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami