Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2017: Tampilkan Dinamika Fashion Muslim Indonesia

Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia kembali diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) pada 6-9 April 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Galeri

Perpustakaan Kota Depok Selenggarakan Storytelling dan Pemutaran Film Edukasi

Galeri | 0 Komentar

Beberapa waktu lalu, Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok menyelenggarakan kegiatan storytelling dan pemutaran film edukasi bagi anak-anak usia dini.  Pada kesempatan tersebut, Perpustakaan Pemerintah Kota Depok mendapat kunjungan dari guru dan anak-anak didik dari sekolah pos PAUD Dahlia, Kota Depok.


Menurut Kepala Seksi Perpustakaan Pemerintah Kota Depok, Ima Halimah, perpustakaan di Pemerintahan Kota Depok selain menyediakan layanan sirkulasi peminjaman buku bagi perorangan, juga mengadakan kegiatan yang sifatnya berkelompok, di antaranya kunjungan dari sekolah. 
“Hampir setiap minggu ada kunjungan sekolah, baik dari tingkat PAUD, TK, SD atau SMP. Pada kegiatan kunjungan sekolah itu kami menyelenggarakan acara nonton film eduasi di ruangan teater serta ada juga mendongeng atau storytelling,” papar Ima. 

 

Kemudian, para siswa diajak untuk berkeliling melihat ruangan perpustakaan. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan perpustakaa dan meningkatkan minat baca masyarakat, selain juga meningkatkan jumlah kunjungan ke perpustakaan Pemerintah Kota Depok. 
“Untuk anak-anak usia PAUD dan TK, kami ajak melihat ruangan perpustakaan. Untuk anak usia SD dan SMP, kami juga menjelaskan bahwa mereka bisa menjadi anggota perpustakaan. Untuk menjadi anggota perpustakaan minimal usia anak adalah 6 tahun.  

 

Syarat untuk menjadi anggota perpustakaan gampang sekali. Cukup melampirkan foto kopi kartu pelajar atau buku rapot. Selanjutnya, diproses selama 5 menit, kartu sudah siap digunakan. Untuk menjadi anggota perpustakaan di sini gratis, tidak dipungut biaya. Setelah menjadi anggota perpustakaan, selain boleh meminjam buku, juga dapat menggunakan fasilitas komputer dan internet di dalam perpustakaan secara gratis pula.”


Membaca Buku Banyak Manfaat

Pada kesempatan yang sama, Neng Dina S, Kepala Sekolah Pos PAUD Dahlia Kota Depok, mengatakan bahwa kegiatan kunjungan ke perpustakaan Kota Depok ini adalah untuk memperkenalkan perpustakaan dan buku pada anak-anak didik.  Adapun kegiatan storytelling merupakan stimulasi untuk merangsang ketertarikan anak terhadap buku. “Berawal dari mendengarkan cerita, kemudian anak tertarik dengan isi buku, selanjutnya anak makin berminat untuk membaca buku.”   


Selain anak-anak didik, pihak sekolah juga mengajak serta para orangtua murid. Dengan demikian, para orangtua juga makin memahami akan pentingnya buku atau membacakan cerita/dongeng pada buah hati. “Dengan hanya menyempatkan waktu 10-15 menit setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk membacakan buku, banyak manfaat yang bisa didapat. Salah satunya, menjalin komunikasi yang baik serta kelekatan dan kedekatan antara orangtua dan anak. Anak pun merasa dihargai, diperhatikan, nyaman, mendapat kasih sayang dari orangtuanya.” 
 

Melalui kegiatan membacakan buku, banyak nilai-nilai yang bisa diajarkan pada anak. Seperti kita tahu, anak akan lebih mudah memahami sesuatu bila disampaikan melalui cerita. Berbeda halnya bila orangtua menyampaikan dengan cara instruksi. Selain itu, buku merangsang anak untuk banyak bertanya, sekaligus mengasah kemampuan berpikir, daya ingat, fokus dan konsentrasinya. Tak kalah penting, membacakan buku juga memperkaya kosa kata atau perbendaharaan kata. Terakhir, membacakan buku akan membuat kelak menjadi sosok yang gemar membaca.” 
 

Kegiatan kunjungan ke perpustakaan akan menjadi sesuatu yang rutin. Perpustakaan bisa menjadi tempat edukasi yang menyenangkan. Bahkan, perpustakaan bisa menjadi alternatif tempat dikunjungi di akhir pekan daripada sekadar berjalan-jalan ke mal. 
 

Hadir Dekat dengan Masyarakat

Perpustakaan Kota Depok buka setiap hari dari Senin sampai Minggu, kecuali hari libur nasional. Hingga saat ini, koleksi buku yang tersedia di perpustakaan Kota Depok mencapai lebih dari 27 ribu buku. Seiring dengan kecanggihan teknologi, Perpustakaan Kota Depok juga sudah memiliki katalog buku secara online.


Pemerintahan Kota Depok berkeinginan menumbuhkan budaya literasi yang mudah, murah, menyenangkan, dekat dan kontinyu atau konsisten bagi masyarakat. “Artinya, mudah diakses ada di mana-mana baik di sekolah, taman kota bahkan mal-mal. Selain itu murah bahkan gratis. Jadi untuk bisa membaca buku tidak harus membeli buku. Orang bisa meminjam buku dari perpustakaan, selain juga bisa memanfaatkan fasilitas internet. 
 

Kemudian, tersedia fasilitas, tempat atau sarana dan prasarana yang menyenangkan. Misalnya, ruangan yang nyaman ber-AC, bersih, rapi, serta interior yang menarik. Selanjutnya, buku mudah diakses oleh masyarakat. Misalnya, Perpustakaan Kota Depok memiliki mobil keliling yang langsung mendatangi masyarakat. Terakhir, konsisten menyelenggarakan kegiatan yang terkait menumbuhkan budaya literasi, misalnya acara bedah buku. 
 

Di tahun 2017, pihak Perpustakaan Kota Depok berkeinginan menghadirkan pendongeng setidaknya sebulan sekali pada layanan perpustakaan keliling. Selain itu, harapan lainnya adalah membentuk taman bacaan di setiap kelurahan di Kota Depok. (hil)

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami