Mari Makan Ikan !

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki pengaruh bagi melimpahnya sumber daya laut, khususnya Ikan. Namun, sangat disayangkan ternyata sumber daya laut yang melimpah itu tidak dinikmati oleh warganya sendiri. Hal ini terlihat dari jumlah konsumsi ikan pada masyarakat Indonesia yang ternyata tidak cukup tinggi.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Kesehatan

Perbaikan Gizi Untuk Generasi Agar Mampu Menangkan Persaingan

Kesehatan | 0 Komentar


Pada setiap kunjungan kerjanya ke daerah, Presiden RI, Ir. Joko Widodo menyaksikan penyerahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada Ibu Hamil, Balita, dan Anak Sekolah. Melalui perbaikian gizi, Presiden sangat mengharapkan agar generasi Indonesia ke depan memiliki kualitas yang mampu memenangkan persaingan.

Dalam kunjungan kerja di Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyaksikan penyerahan PMT oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) di beberapa lokasi, diantaranya Lapangan Upacara Sekolah Dasar Trisari 3, Jalan Veteran, dan Desa Mantaren 2, Selasa (20/12).

Selain PMT, juga diberikan paket bahan makanan yakni beras, gula pasir, kacang hijau, susu dan telur ayam untuk bantuan peningkatan gizi Ibu Hamil, Balita dan Anak Sekolah Dasar.

Mengutip data hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) 2015, dari 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah, PSG 2015 menemukan 23,3% balita di Kalimantan Tengah masuk dalam kategori gizi kurang. Sedangkan untuk Presentase Balita kurus di Kalimantan Tengah adalah 13,9%. Selanjutnya, persentase Balita pendek di Provinsi Kalimantan Tengah adalah 33,3%.

Secara spesifik, PSG 2015 mencatat di Kabupaten Pulang Pisau sebanyak 49,5% Balita masuk dalam kategori pendek (stunting). Di wilayah yang memiliki 8 kecamatan dan 99 kelurahan/desa dengan jumlah penduduk 125.484 jiwa ini, terdapat sasaran prioritas yakni 2.278 ibu hamil (termasuk di dalamnya 269 ibu hamil kurang energi kronis) dan 11.676 Balita (termasuk di dalamnya 2.742 Balita gizi kurang).

Pada kesempatan tersebut, Presiden mengingatkan bahwa untuk ibu hamil, jumlah biskuit PMT yang dikonsumsi tergantung dari usia kehamilan.

Dua keping per hari untuk ibu hamil usia satu sampai tiga bulan. Bagi ibu hamil 4 sampai 9 bulan dikonsumsi 3 keping sehari. Jangan kebanyakan nanti terlalu gemuk bayi yang dikandung, kata Presiden.

Presiden juga mengingatkan bahwa ibu hamil perlu perhatikan asupan makanannya. Menurutnya, sumber protein sangat penting bagi ibu hamil.

Penting sekali sumber protein seperti ikan, daging, telur, tahu dan tempe, ujar Presiden.

PMT bukan berarti mengganti asupan dari makanan utama, akan tetapi menambah  anak-anak sekolah dasar, balita dan bayi di dalam kandungan memiliki gizi yang lebih baik lagi.

Tambahan makanan ini manfaatnya akan dirasakan 20, 30 tahun mendatang, tandas Presiden.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT)

PMT Balita merupakan pemberian suplementasi gizi untuk melengkapi kebutuhan gizi agar mencapai berat badan sesuai usia. Tiap 100 gram PMT mengandung 450 kalori, 14 gram lemak, 9 gram protein, dan 71 gram karbohidrat. PMT Balita mengandung 10 vitamin (vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, D, E, K, dan Asam Folat) dan 7 mineral (besi, zink, fosfor, selenium, dan kalsium). Setiap bungkus PMT Balita terdiri dari 12 keping biskuit atau 540 kalori (45 kalori per biskuit). Usia 6-11 bulan diberikan 8 keping per hari selama 1 bulan, setara dengan 20 bungkus PMT Balita. Usia 12-59 bulan diberikan 12 keping per hari selama 1 bulan, setara dengan 30 bungkus PMT Balita. Bila berat badan telah sesuai, pemberian PMT Balita dihentikan dan untuk selanjutnya mengonsumsi makanan keluarga gizi simbang.

PMT Anak Sekolah diberikan untuk melengkapi kebutuhan gizi anak usa sekolah dasar. Tiap sajian (10 keping atau 60 gram) PMT-AS mengandung 300 kalori, 40 gram karbohidrat, 6 gram protein, dan 13 gram lemak. PMT-AS mengandung 10 vitamin (A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, dan E) dan 8 mineral (Asam folat, Bsi, Selenium, Kalsium, Natrium, Zink, Iodium, dan Fosfor). Ketentuan pemberian PMT-AS diberikan 6 keping per hari untuk mencukupi kebutuhan makanan tambahan anak usia sekolah dasar, yaitu 180 kalori per hari. Bila berat badan telah mencapai sesuai perhitungan berat badan sesuai umur, pemberian PMT-AS dihentikan, dilanjutkan konsumsi makanan keluarga gizi seimbang.

PMT Ibu Hamil setiap 100 gram mengandung 520 kalori. Setiap keping biskuit PMT Bumil mengandung 104 kalori. Tiap sajian PMT Bumil mengandung 520 kalori, 56 gram karbohidrat, 16 gramprotein, dan 26 gram lemak. PMT Bumil mengandung 9 macam vitamin (A,B1,B2, B3, B6, B12, C, D dan E) serta 8 mineral (Asam Folat, Zat Besi, Selenium, Kalsium, Natrium, Zink, Iodium, dan Fosfor). Ketentuan pemberian PMT Bumil pada kehamilan trimester I diberikan 2 keping per hari. Pada kehamilan trimester II dan III diberikan 3 keping per hari. Pemberian PMT Bumil diberikan hingga Ibu hamil tidak lagi berada dalam kategori kurang energi kronis (KEK) sesuai dengan pemeriksaan lingkar lengan atas (LILA). Apabila berat badan sudah sesuai standar, dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan keluarga gizi seimbang.
Sumber: depkes.go.id

 

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami