Mari Makan Ikan !

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki pengaruh bagi melimpahnya sumber daya laut, khususnya Ikan. Namun, sangat disayangkan ternyata sumber daya laut yang melimpah itu tidak dinikmati oleh warganya sendiri. Hal ini terlihat dari jumlah konsumsi ikan pada masyarakat Indonesia yang ternyata tidak cukup tinggi.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Kesehatan

Pentingnya ‘Periode Emas’ Sejak Janin Hingga Usia 2 Tahun

Kesehatan | 0 Komentar

Sahabat Ibu, untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, unggul serta berdaya saing tinggi, faktor terpenting untuk diperhatikan adalah pemberian kecukupan gizi sejak dini. Pemenuhan zat-zat gizi ini tak hanya di usia kanak-kanak, akan tetapi justru sejak janin di dalam rahim.

Tentunya bagi kemajuan bangsa ini, hal yang sangat krusial serta menjadi prioritas adalah pemenuhan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). 

Prof. dr. Endang L. Achadi, MPH, Dr.PH.,  Guru Besar Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mengatakan, seribu HPK terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada 2 tahun pertama kehidupan. Berikut pembagian 1000 HPK: 
-           Masa dalam kandungan ibu yaitu 280 hari 
-           Saat bayi berusia 0-6 bulan yaitu 180 hari 
-           Saat bayi berusia 6 bulan-12 bulan yaitu 180  hari 
-           Saat usia 12 – 24 bulan  (1-2 tahun) yaitu 360 hari    

Itulah masa-masa kritis perkembangan dan pertumbuhan calon generasi Indonesia yang diharapkan akan berkualitas dan mampu bersaing dengan para pemuda dari negara lain. 

Maka tak berlebihan bila berapa ahli mengatakan bahwa periode usia anak di bawah 2 tahun dikenal dengan “Periode Emas” atau Window Opportunity. Artinya, untuk mendapatkan generasi yang sehat, kuat dan berkualitas maka skala prioritas adalah sejak janin dalam kandungan hingga anak berumur 2 tahun. 
(hil)
Foto: freepik.com

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami