Tak Lama Lagi, Tidak Ada Perairan Tanpa Sampah Plastik

Sampah plastik terbawa ke laut dan pantai oleh parit kota yang bermuara ke sungai. Kemudian sungai-sungai membawa sampah dan segala zat pencemar ke muara dan laut. Wah bisa dibayangkan ya jika masalah ini tidak segera ditanggulangi akan berakibat pada menumpuknya sampah, baik di lautan maupun di perairan daratan.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Lingkungan

Indonesia Penghasil Sampah Plastik

Lingkungan | 0 Komentar

 

Isu sampah plastik selalu menjadi perbincangan publik di seluruh dunia. Terutama terkait penanggulangan dan cara mengurangi jumlah sampah plastik.

Berdasarkan data Jenna Jembeck (2015), Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai 187,2 juta ton per tahun, setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton per tahun.

Kontribusi  dari angka tersebut didapatkan  salah satunya  dari pola perilaku konsumsi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Penyediaan kantong plastik gratis oleh pelaku usaha  memengaruhi   perilaku  masyarakat   secara   umum.

Hal tersebut menjadi  faktor penghambat kesadaran masyarakat untuk menekan jumlah penggunaan kantong plastik. Siti  Nurbaya   Bakar,   Menteri  Lingkungan   Hidup  dan  Kehutanan   Republik  Indonesia, mengatakan “Sebanyak 9,85 milyar lembar kantong plastik digunakan masyarakat Indonesia dalam satu tahun. Hal ini berpotensi menjadi sampah,” papar beliau pada acara peluncuran program ‘Tempo Scan Love Earth’ beberapa waktu lalu.

Kondisi tersebut tentu sangat memprihatinkan. “Jika kita semua tidak turut bertanggung jawab, generasi anak-cucu kita akan menerima risiko dari dampak limbah plastik”. Upaya pengurangan penggunaan kantong plastik melalui program kantong plastik tidak gratis merupakan   sebuah  tindakan   preventif   yang  dilakukan  pemerintah  dan   didorong   oleh organisasi masyarakat untuk menekan penggunaan kantong plastik.

“Dengan adanya gerakan ini, diharapkan masyarakat dapat mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai dan beralih   menggunakan  kantong   belanja   yang dapat   digunakan   ulang.   Kami   mendorong produsen untuk bekerja sama dalam upaya pengurangan sampah kantong plastik.”

Seperti kita tahu, organisasi masyarakat dan pemerintah menetapkan kebijakan kantong plastik tidak gratis pada 21 Februari 2016 lalu.

(hil)

foto: freepik.com

 

 

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami