Tak Lama Lagi, Tidak Ada Perairan Tanpa Sampah Plastik

Sampah plastik terbawa ke laut dan pantai oleh parit kota yang bermuara ke sungai. Kemudian sungai-sungai membawa sampah dan segala zat pencemar ke muara dan laut. Wah bisa dibayangkan ya jika masalah ini tidak segera ditanggulangi akan berakibat pada menumpuknya sampah, baik di lautan maupun di perairan daratan.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Lingkungan

Gempa Jepang Tak Berdampak ke Indonesia

Lingkungan | 0 Komentar

Gelombang tsunami kecil setinggi 90 centimeter hingga 1,4 meter melanda pantai timur laut Jepang pascagempa pada Selasa pagi, 22 November 2016.

Gempa bumi dengan kekuatan 7,4 skala Richter mengguncang Prefektur Miyagi, Jepang, Selasa pagi sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

Gempa 7,3 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Fukushima dan Koriyama, Jepang.

Meski begitu, gempa yang berpotensi tsunami tersebut, tidak memberikan dampak terhadap Indonesia. "Berdasarkan analisis dan modelling tsunami yang dilakukan oleh BMKG, menunjukkan bahwa tsunami yang terjadi tidak akan berdampak di wilayah Indonesia," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mochammad Riyadi.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) yang berpusat di Hawaii melaporkan bahwa gempa bumi dengan episentrum terletak pada 37,38 LS dan 141,36 BT, tepatnya di lepas pantai Koriyama pada kedalaman 10 km itu telah memicu terjadi tsunami lokal di sekitar pusat gempa bumi, seperti di Ofunato setinggi 28 cm dan Mera setinggi 9 cm.

"Untuk itu kepada warga pesisir pantai di wilayah Indonesia diimbau tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi pada beberapa kota, seperti Fukushima, Koriyama, dan sekitarnya. Khusus di pesisir pantai, guncangan mencapai skala intensitas IV SIG BMKG (VII-VIII MMI).

Dengan guncangan kuat ini, diperkirakan dampak gempa bumi dapat menimbulkan kerusakan bangunan tingkat sedang.

Gempa bumi Fukushima-Koriyama yang terjadi saat ini merupakan jenis gempa bumi dangkal di zona subduksi, dalam hal ini zona subduksi Lempeng Pasifik menyusup ke bawah Lempeng Okhotsk.

Sumber: liputan6.com

Foto: abc7news.com

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami