Tak Lama Lagi, Tidak Ada Perairan Tanpa Sampah Plastik

Sampah plastik terbawa ke laut dan pantai oleh parit kota yang bermuara ke sungai. Kemudian sungai-sungai membawa sampah dan segala zat pencemar ke muara dan laut. Wah bisa dibayangkan ya jika masalah ini tidak segera ditanggulangi akan berakibat pada menumpuknya sampah, baik di lautan maupun di perairan daratan.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Lingkungan

Gempa 7,4 SR Guncang Jepang

Lingkungan | 0 Komentar

Gempa dengan kekuatan 7,4 skala Richter (SR) mengguncang timur laut Jepang, dekat Prefektur Fukushima pada pukul 06.00 waktu setempat, Selasa 22 November 2016.

Sementara, Badan Survei Geologi AS (USGS) menyebut, kekuatan gempa mencapai 7,3 SR, sebelum akhirnya menurunkan ke angka 6,9 SR.

Seperti dikutip dari BBC, lindu terjadi pada kedalaman sekitar 25 kilometer. Badan Meteorologi Jepang segera mengeluarkan peringatan tsunami. Gelombang dengan ketinggian hingga 3 meter diperkirakan bisa saja terjadi. 

Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Prefektur Fukushima yang pada 2011 lalu menjadi wilayah terdampak bencana tsunami parah. Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk Prefektur Miyagi, di mana gelombang setinggi 1,4 meter teramati di Pelabuhan Sendai. 

Dampak dan korban akibat gempa ini belum diketahui pasti, tapi dilaporkan sejumlah warga mengalami luka ringan.

Guncangan atau tremor juga dirasakan di Tokyo. Sejumlah warga yang tinggal di wilayah pesisir segera dievakuasi. Kapal-kapal juga teramati bergerak menjauh dari pelabuhan di Prefektur Fukushima.

Sejauh ini, gelombang setinggi 60 cm teramati di Pelabuhan Onahama di Fukushima, demikian dilaporkan NHK Jepang. "Tolong, jangan berpikir bahwa Anda aman. Pergilah ke tempat yang lebih tinggi," demikian pengumuman yang disampaikan NHK.

Gelombang setinggi 90 cm terbentuk akibat gempa di Soma. Namun, peringatan kemungkinan gelombang besar tetap berlaku.

Media setempat melaporkan, tsunami diperkirakan akan menerjang berulang kali. Mereka juga memperingatkan penduduk setempat untuk tidak meninggalkan tempat penampungan sampai peringatan bahaya dicabut.
Jepang adalah negeri rawan gempa. Setidaknya 50 orang tewas dalam dua gempa di Prefektur Kumamoto selatan pada  April 2016. Sementara, lebih dari 18 ribu tewas atau dilaporkan hilang menyusul gempa 9 SR di Fukushima pada 2011.

Sumber; liputan6.com 
Foto: news9.com

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami