Tak Lama Lagi, Tidak Ada Perairan Tanpa Sampah Plastik

Sampah plastik terbawa ke laut dan pantai oleh parit kota yang bermuara ke sungai. Kemudian sungai-sungai membawa sampah dan segala zat pencemar ke muara dan laut. Wah bisa dibayangkan ya jika masalah ini tidak segera ditanggulangi akan berakibat pada menumpuknya sampah, baik di lautan maupun di perairan daratan.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Lingkungan

Gajah Sumatera Terancam Punah

Lingkungan | 0 Komentar

Semakin berkurangnya hutan Indonesia membuat keberadaan sejumlah hewan seperti Gajah Sumatera terancam. Belum lagi, maraknya perburuan untuk mengambil gading gajah yang belum bisa ditangani secara serius.

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mengatakan, masalah seperti ini tidak bisa dikerjakan sendiri. Butuh penegakan hukum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa perburuan gajah merupakan suatu hal yang dilarang.
Sehingga stigma memiliki gading gajah yang awalnya menjadi sebuah kebanggaan bisa diubah.

"Di seluruh dunia tidak boleh diperdagangkan lagi, siapa yang membawa gading itu kriminal. Jadi itu artinya, dulu gading itu kebanggaan, semua rumah-rumah yang baik termasuk dulu di Istana ada gading, sekarang enggak boleh lagi, diukir. Justru sekarang menjadi pelanggaran," kata JK usai membuka Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke-20 di JCC, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Menurut JK, permasalahan gajah tak hanya soal bisnis ilegal. Gajah juga bisa dijadikan indikator baik tidaknya kondisi hutan di Indonesia. Sehingga langkah memperbaiki lingkungan hidup bisa dilakukan dengan tepat, dibarengi dengan penegakan hukum.

"Bagaimana mempunyai suatu kehidupan yang lebih baik dan siapa yang melanggar dapat hukum. Nah itu tujuannya daripada kampanye. Dan kampanye ini, kampanye dunia," JK menandaskan.
Sumber & foto: liputan6.com

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami