Tak Lama Lagi, Tidak Ada Perairan Tanpa Sampah Plastik

Sampah plastik terbawa ke laut dan pantai oleh parit kota yang bermuara ke sungai. Kemudian sungai-sungai membawa sampah dan segala zat pencemar ke muara dan laut. Wah bisa dibayangkan ya jika masalah ini tidak segera ditanggulangi akan berakibat pada menumpuknya sampah, baik di lautan maupun di perairan daratan.

Selengkapnya

Anda berada disini : Beranda - Lingkungan

Dampak Sampah pada Kesehatan

Lingkungan | 0 Komentar



Dampak langsung sampah pada kesehatan antara lain disebabkan oleh kontak langsung dengan sampah yang bersifat beracun, korosif, karsinogenik, dan lainnya. Sampah juga mengandung kuman patogen sehingga bisa menimbulkan penyakit.


Sementara dampak tidak langsung dari sampah bisa akibat proses pembusukan, pembakaran dan pembuangan sampah. Efek tidak langsung lain berupa penyakit bawaan vektor yang berkembangbiak di dalam sampah. Timbunan sampah beresiko dapat menjadi sarang lalat dan tikus. Lalat bisa menjadi vektor bermacam penyakit perut. Sedangkan tikus bisa menyebarkan pes.
 

Penyakit yang disebabkan oleh sampah sangat luas dan bisa berupa penyakit menular dan tidak menular. Penyakit tersebut berupa gangguan pernapasan, pencernaan, atau pun penyakit kulit. Gangguan pernapasan bisa terjadi karena adanya pembusukan sampah oleh mikroorganisme yang menghasilkan gas hidrogen sulfide dan gas metan yang beracun bagi tubuh.
 

Sedangkan gangguan pencernaan seperti diare disebabkan oleh adanya vektor yang membawa kuman penyakit. Selain itu, sampah juga bisa menyebabkan penyakit kulit karena munculnya jenis jamur mikroorganisme patogen yang hidup dan berkembang biak di dalam sampah.
Sumber: liputan6.com
Foto: freepik.com

 

Komentar :


Media Sosial

Ikuti kami

Tentang Kami

Komentar Terbaru

Menarik sekali,boleh gabung gak?...
Nama: Oktaviyana di Wajah Bunda Indonesia: Senang Cari Ilmu

Hallo aku Tiwi, penyuluh online dari Arisan Mapan ini. aku...
Nama: Tiwi Mapan di Program Arisan Mapan

Terima kasih untuk tulisannya. Salam sayang untuk semua: Ibu Indonesia. reda...
Nama: Reda Gaudiamo di AriReda Tur Perdana di Usia Senja

Kontak Kami